Adjustable Power Supply IC LM317 1.2V - 37V 10A

 Rangkaian Adjustable Power Supply IC LM317 1.2V - 37V 10A


 Rangkaian Power Supply variabel adalah power supply yang tegangan keluarannya dapat diubah-ubah dengan nilai tegangan tertentu sesuai dengan yang diinginkan. Rangkaian ini menggunakan IC Tipe LM317 sebagai regulator tegangan yang didesain khusus untuk keperluan tegangan output variabel pada keluarannya.

Tegangan output yang dihasilkan dari IC LM317 adalah antara 1,25 VDC hingga 37 VDC dengan tegangan masuk 40VDC dengan arus 1A. 

 Rangkaian Power Supply ini sangat mudah untuk dibuat karena rangkaiannya sangat sederhana, cocok untuk keperluan eksperimen sehari-hari yang membutuhkan arus tidak terlalu besar.






  Arus keluaran dapat diperbesar dengan cara menambahkan transistor penguat tambahan 
namun transistor ini perlu pendingin yang cukup agar bisa menghantarkan panas yang dihasilkan 
ketika dipakai oleh beban yang cukup berat.

 Dibawah ini saya tampilkan skema yang sudah ditambahkan transistor penguat agar penggunaan catu daya bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam proyek yang kita kerjakan. 
Dengan ditambahkannya transistor penguat ini catu daya ini kini mampu mengeluarkan arus hingga 10A , pada rangkaian ini saya menambahkan rangkaian untuk pengaturan arusnya,untuk menghindari panas yang berlebihan saya juga menambahkan rangkaian kipas otomatis 
yang dapat di sesuikan dengan hanya memutar potensio bagian kipas.


Barang kalai ada yang tertarik untuk membuat silahkan download file pdf sip cetak dibawah.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekema konverter Ac to Dc

AVR SMART TESTER ARDUINO

MEMBUAT VOLT AMPERE METER ARDUINO